INI 5 TIPS CERDAS MENDIDIK ANAK BELAJAR MEMBACA ALQURAN - Raudhatul Qur'an

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 05 Januari 2018

INI 5 TIPS CERDAS MENDIDIK ANAK BELAJAR MEMBACA ALQURAN



DENGAN TAJWID YANG BENAR

Dalam hadits tidak ada pembatasan usia saat kita belajar atau mengajarkan Alquran. Bila Anda mengajarkan Alquran kepada anak juga termasuk dalam lingkup hadits ini. Namun sayangnya, tidak semua orang tua mampu mengajarkan Alquran kepada anak dengan baik. Mengingat pentingnya keutamaan mengajarkan Alquran, inilah beberapa tips cerdas mendidik anak belajar membaca Alquran dengan tajwid, yang bisa Anda terapkan

Tuntunan Baca Al-qur an


  1. Sebelum Anda membacakan sebuah surat pendek pada anak, mulailah dengan obrolan ringan. Hal ini membuat anak bersemangat, mempelajari surat pendek serta memahami maknanya.
  2. Anak adalah peniru ulung, jadi Anda harus memperdengarkan bacaan surat pendek tersebut pada anak. Bacalah bacaan surat tersebut dengan khusuk dan berulang-ulang. Lalu mintalah anak untuk membaca surat pendek tersebut bersama Anda, ayat demi ayat lebih dari sekali. Jangan lupa koreksi kesalahan yang dibuat anak saat membaca Alquran.
  3. Selanjutnya Anda harus menjelaskan makna surat pendek tersebut kepada anak, dengan mengajukan pertanyaan ringan. Lakukan diskusi sampai Anda sungguh yakin, bahwa anak telah memahami makna surat dengan baik. Anda bisa memberikan pemahaman ayat-ayat yang dipelajari, dengan sederhana dan sesuai tingkatan akal anak.
  4. Tanamkan dalam jiwa anak bahwa mempelajari Alquran merupakan ibadah, sehingga anak bersungguh-sungguh dan termotivasi mempelajari Alquran dengan tajwid.
  5. Setelah itu pastikan bahwa bacaan anak tidak salah sedikitpun, ini karena kesalahan tersebut akan terbawa hingga anak dewasa kelak. Memang mengajar membaca Alquran pada anak tidak selalu mulus, tentu saja Anda terkadang mengalami hambatan. Jika Anak berhasil, coba berikan sistem hadiah atau reward agar lebih termotivasi.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages